Kesehatan

Manfaat Minum Teh Tawar Untuk Kesehatan

Manfaat Minum Teh Tawar Untuk Kesehatan

Vigiliadelainmaculada – Saat Anda makan di warung, sebagian besar dari Anda meminta minum teh manis, teh manis dingin atau panas. Ibarat pepatah, apapun makanannya, minumannya selalu teh manis. Bisa dibilang minuman ini paling enak dan disukai hampir semua orang. Teh manis adalah campuran teh yang direndam dengan gula.

Dibandingkan dengan teh tanpa pemanis, yang hanya memiliki 2 kalori per cangkir, teh manis memiliki 55 kalori per cangkir. Wah banyak banget ya perbandingannya. Jadi jika Anda meminta teh manis untuk membuat Anda gemuk, jawabannya adalah ya, itu berpotensi. Oleh karena itu, mereka yang lebih suka minum teh tawar tanpa gula akan memiliki tubuh yang lebih sehat.

Nah, jika Anda termasuk orang yang lebih suka minum teh alami tanpa gula, bersyukurlah Anda akan merasakan beberapa manfaat besar tersebut.

1. Mengontrol gula darah

Teh tanpa pemanis, yang rasanya pahit dan tidak berkurang manisnya gula, mengandung polifenol atau senyawa antioksidan yang lebih kuat, terutama teh hijau, teh hitam, dan teh oolong. Polifenol ini dapat meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh sehingga kadar gula darah lebih mudah dikontrol. Jika gula darah bisa dijaga dengan baik, otomatis Anda akan terhindar dari risiko diabetes.

2. Memperlancar peredaran darah

Polifenol teh juga berperan dalam mencegah pertumbuhan plak di pembuluh darah. Dengan begitu, pembuluh darah tidak akan mengalami penyempitan yang bisa berujung pada gangguan serius, seperti penyakit jantung. Inilah sebabnya mengapa teh (yang tidak mengandung terlalu banyak gula) sangat ideal untuk merawat jantung.

3. Efektif melawan kolesterol

Salah satu cara untuk menurunkan kadar kolesterol jahat adalah dengan mengonsumsi teh secara rutin, terutama teh hitam segar yang hangat-hangat kuku. Minum teh hitam tanpa garam akan efektif menurunkan kadar kolesterol hingga 11%.

4. Membuat tubuh lebih rileks

Kandungan L-theanine dalam secangkir teh alami mampu merilekskan tubuh. Tak heran, teh ini direkomendasikan untuk Anda yang sedang bad mood atau sedang stres. Tak hanya itu, kandungan L-theanine pekat dalam teh biasa juga efektif membantu meningkatkan fungsi otak sehingga Anda bisa berkonsentrasi lebih baik.

5. Membuat Anda terlihat lebih muda

Menurut hasil penelitian, antioksidan yang terkandung dalam teh cukup efektif dalam menangkal proses oksidasi dalam tubuh. Artinya, rutin minum teh yang tidak banyak mengandung gula bisa menghambat munculnya gejala penuaan dini, seperti kerutan atau flek hitam. Ini juga mengembalikan cahaya pada kulit kusam yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Bahkan diklaim dapat menghilangkan jerawat, mengurangi dermatitis atopik, kandidiasis, keloid dan kutil kelamin.

6. Membantu diet

Jika Anda sedang mengikuti program diet untuk menurunkan berat badan, konsumsi teh tanpa pemanis atau teh tanpa pemanis, terutama teh hijau, sangat dianjurkan. Teh hijau dipercaya ampuh membantu membakar lemak. Hal ini terkait dengan kandungan katekin yang dikandungnya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan teh hijau mampu mencegah penimbunan lemak dalam tubuh manusia.

7. Mampu mengatasi mual, maag, atau kembung

Teh manis untuk asam lambung tidak dianjurkan jika jenis tehnya mengandung kafein. Untuk meredakan gejala mual asam lambung, Anda bisa mencoba meminum teh herbal bebas kafein, seperti teh chamomile dan licorice, yang dapat meningkatkan lapisan lendir di kerongkongan Anda untuk melindunginya dari iritasi akibat naiknya asam lambung di kerongkongan. . . tenggorokan. Hindari minum teh berkafein, seperti teh hitam, teh hijau, atau teh peppermint, karena dapat memicu refluks asam pada orang dengan sistem pencernaan yang sensitif.

Sumber:

Mengetahui Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya

Mengetahui Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya

Vigiliadelainmaculada – Kehilangan mata seperti kehilangan cara untuk melihat dan berinteraksi dengan dunia. Performa mata dalam menampilkan berbagai hal yang Anda lihat seringkali bisa diabaikan.

Padahal, mata merupakan organ vital yang berperan sangat penting dalam setiap aktivitas yang dilakukan. Anda bisa mulai mengenali bagian-bagian mata dan fungsinya untuk memahami cara kerja mata dan apa yang perlu dilakukan untuk melindunginya.

Mata tidak hanya terdiri dari satu bagian, tetapi terbagi menjadi beberapa bagian. Setiap bagian mata dan fungsinya berbeda-beda, berikut ini bagian-bagian mata dan fungsinya yang harus Anda ketahui.

Kornea

Kornea adalah jaringan transparan berbentuk kubah bagian mata yang membentuk bagian depan mata. Kornea bertindak sebagai jendela yang memungkinkan cahaya masuk ke mata. Kornea juga merupakan titik awal untuk proses pemfokusan cahaya agar mata dapat melihat sekelilingnya dengan lebih jelas.

Aqueous humor

Di belakang kornea terdapat cairan bening yang disebut aqueous humor yang membantu mengangkut nutrisi ke jaringan mata. Kekurangan cairan ini dapat meningkatkan tekanan pada mata, yang menyebabkan masalah mata seperti glaukoma.

Iris

Iris sering disebut sebagai bagian mata yang memberi warna pada mata, namun fungsi iris tidak sebatas memberikan warna. Iris terdiri dari otot-otot yang membantu pupil mengembang dan berkontraksi. Iris mengatur jumlah cahaya yang masuk ke mata dengan menyesuaikan ukuran pupil.

Pupil

Anda dapat melihat pupil sebagai titik hitam atau lingkaran di tengah mata. Pupil berfungsi sebagai lubang yang memungkinkan cahaya masuk ke mata. Ukuran pupil diatur oleh iris, membuat pupil mengecil saat terkena terlalu banyak atau terlalu banyak cahaya.

Sklera

Jaringan putih keras yang menutupi seluruh mata kecuali kornea dikenal sebagai sklera. Sklera bertindak sebagai titik perlekatan otot-otot mata yang menggerakkan mata.

Lensa

Bagian mata yang berbentuk lensa merupakan bagian kedua mata setelah kornea yang membantu memfokuskan cahaya dan gambar ke retina. Lensa mata terdiri dari berbagai jaringan lunak dan transparan yang terletak di belakang iris dan pupil. Lensa akan berubah bentuk agar dapat fokus pada objek yang dilihat oleh mata. Lensa menipis saat melihat objek yang lebih jauh dan mengental saat melihat objek dekat.

Vitreous

Vitreous adalah bagian mata yang sedikit diketahui tetapi memiliki fungsi yang sangat penting. Vitreous adalah struktur agar-agar yang mengisi bagian belakang mata dan bertanggung jawab untuk mempertahankan bentuk mata dan menjaga retina tetap pada tempatnya.

Retina

Bagian mata yang sering disebut adalah retina. Retina berperan dalam mengolah cahaya yang masuk ke mata menjadi sinyal listrik yang akan diteruskan ke otak melalui saraf optik. Retina terdiri dari jaringan peka cahaya di permukaan bagian dalam mata.

Koroid

Koroid adalah membran coklat tua yang terletak di antara sklera dan retina. Koroid terdiri dari beberapa pembuluh darah yang berfungsi mensuplai darah dan nutrisi ke retina dan seluruh bagian mata.

Referensi:

https://www.kacamataion.com/

Kenali Kondisi Leher Bengkok Bawaan Pada Bayi

Kenali Kondisi Leher Bengkok Bawaan Pada Bayi

Vigiliadelainmaculada – Kondisi fisik bayi baru lahir yang sulit diucapkan ini terlihat sangat menakutkan, yakni tortikolis. Berasal dari bahasa Latin, torticollis berarti memutar leher. Namun pada kenyataannya, tortikolis bawaan pada bayi tidak seseram kelihatannya.

Bayi yang lahir dengan tortikolis kongenital memiliki mobilitas terbatas di lehernya, menyebabkan kepalanya miring ke satu sisi. Tetapi dengan perawatan dan latihan peregangan dan penguatan, sebagian besar kasus tortikolis bawaan pada bayi akan mendapatkan kembali mobilitasnya dalam beberapa bulan.

Tortikolis dapat menakuti orang tua. Namun, anak-anak melakukannya dengan sangat baik, terutama ketika tortikolis diidentifikasi sejak dini dan diobati dengan cepat.

Gejala Tortikolis Pada Bayi

Jika kepala bayi Anda selalu tampak miring ke satu sisi atau jika ia tidak dapat mengikuti wajah Anda saat Anda bergerak dari satu sisi ke sisi lain, bayi Anda mungkin mengalami kesulitan menggerakkan lehernya.

Jika bayi Anda memiliki tortikolis bawaan, Anda mungkin juga melihat benjolan kecil yang tidak berbahaya di sisi leher di area otot SCM yang rusak. Namun Anda tidak perlu khawatir, benjolan tersebut biasanya sembuh dengan sendirinya sebelum bayi berusia 2 tahun. Gejala biasanya baru terlihat saat bayi sudah bisa menggerakkan leher dan kepalanya.

Dengan memulai Healthline, gejala tortikolis yang dimulai sejak masa kanak-kanak semakin memburuk dari waktu ke waktu, termasuk:

  • Kepala dimiringkan ke satu sisi dan dagu sedikit terangkat
  • Kepala sulit untuk digoyang atau mengangguk
  • Keterlambatan perkembangan fungsi motorik.
  • Gangguan pendengaran dan penglihatan
  • Bentuk wajah asimetris

Banyak bayi dengan tortikolis bawaan memiliki bentuk kepala asimetris, yang disebut plagiocephaly. Beberapa bayi juga memiliki fitur wajah yang sedikit asimetris. Tetapi dengan pengobatan, plagiocephaly dan asimetri wajah biasanya hilang.

Pada orang dewasa, tanda-tanda fisik tortikolis tidak jauh berbeda dengan anak-anak. Namun, karena tortikolis sudah ada sejak lama, beberapa gejala tambahan mungkin muncul, seperti:

  • Otot leher kaku
  • Sakit leher
  • Menggelengkan kepalanya
  • Satu sisi bahu tampak lebih tinggi
  • Sakit kepala tegang kronis

Penyebab Leher Bayi Bengkok

Menurut Pediatric Orthopaedic Society of North America, diperkirakan satu dari 250 hingga 300 bayi lahir dengan tortikolis bawaan atau menderitanya dalam 3 bulan pertama kehidupan. Meski mungkin tampak tidak nyaman, untungnya kondisi ini tidak menyakitkan bagi bayi.

Tortikolis kongenital biasanya disebabkan oleh peregangan otot di kedua sisi leher atau oleh kontraksi dan pemendekan otot sternokleidomastoid (SCM). Pengerasan ini bisa terjadi jika bayi berada dalam posisi yang ketat atau tidak biasa di dalam rahim, seperti presentasi sungsang.

Namun, tidak semua bayi sungsang dilahirkan dengan kondisi tersebut dan tidak selalu jelas mengapa beberapa bayi dilahirkan dengan tortikolis dan yang lainnya tidak. Penggunaan forsep selama persalinan juga dapat menjadi faktor yang berhubungan dengan tortikolis.

Dalam kasus yang sangat jarang, tortikolis bawaan dapat disebabkan oleh kondisi yang mendasarinya, seperti kelainan bentuk tulang belakang, dwarfisme, atau gangguan pertumbuhan tulang.

Referensi:

Tips kesehatan

Penyebab anak susah tidur

Cara Membersihkan Paru-paru Akibat Rokok

Cara Membersihkan Paru-paru Akibat Rokok

Vigiliadelainmaculada – Ada beberapa cara agar perokok bisa membersihkan paru-paru yang rusak akibat kebiasaan buruk. Langkah-langkah tersebut tentunya bisa lebih efektif dan efisien jika Anda memutuskan untuk berhenti merokok juga. Bagaimana cara yang benar untuk membersihkan paru-paru dari rokok? Berikut ulasannya.

Cara Membersihkan Paru-Paru Perokok

Membersihkan paru-paru seharusnya menjadi program wajib jika Anda memiliki kebiasaan merokok, baik rokok kretek, rokok elektrik (vape), shisha, maupun rokok filter. Padahal, meski Anda perokok sosial dan perokok pasif, membersihkan paru-paru dari asap rokok juga bisa menjadi cara menjaga kesehatan tubuh. Nah, jika Anda seorang perokok aktif atau mantan perokok, sebaiknya ikuti cara berikut untuk membersihkan paru-paru Anda. Jual Alat HFNC

1. Berolahraga secara teratur

Nikotin dan racun dalam asap rokok harus dihilangkan agar tidak terus mengendap. Saat metabolisme tubuh meningkat dengan berolahraga, tubuh cenderung membakar nikotin yang dikeluarkan melalui keringat lebih cepat. Olahraga membantu meningkatkan kapasitas paru-paru dan memperkuat seluruh sistem kardiovaskular.

Sebaliknya, ketika jarang bergerak, tubuh menjadi lemas dan memicu banyak penyakit. Bagi orang yang baru saja berhenti merokok, olahraga membantu proses penyembuhan paru-paru dan meningkatkan sirkulasi. Jika dilakukan secara rutin, olahraga juga merupakan cara yang efektif untuk membersihkan paru-paru perokok.

Namun, jika Anda menderita masalah pernapasan kronis akibat merokok, temui dokter Anda terlebih dahulu. Dokter umumnya masih mengizinkan Anda untuk berolahraga, namun jenis dan intensitasnya harus disesuaikan terlebih dahulu.

2. Banyak minum air putih

Minum banyak air dapat membantu membuang racun yang menumpuk, termasuk yang ditemukan di paru-paru. Pasalnya, saat Anda banyak minum air, Anda akan lebih sering buang air kecil. Selanjutnya, nikotin yang menumpuk di paru-paru akan dikeluarkan secara bertahap oleh tubuh melalui urin. Menjaga tubuh tetap terhidrasi akan membantu mengeluarkan lendir dan racun dari paru-paru.

Keduanya akan dikeluarkan melalui paru-paru dengan gerakan silia normal atau dengan batuk. Selain itu, banyak minum air putih juga membantu menjaga kesehatan dan fungsi organ tubuh agar dapat berfungsi secara optimal.

3. Makan makanan yang kaya antioksidan

Makanan dan minuman kaya antioksidan sangat bagus untuk menangkal radikal bebas dan mengurangi peradangan. Journal of Nutrition menyatakan bahwa minum 2 cangkir teh hijau sehari dapat mengurangi risiko terkena penyakit paru obstruktif kronik. Kesimpulan ini diambil dari sebuah penelitian terhadap lebih dari 1.000 orang dewasa di Korea.

Faktanya, antioksidan dalam teh hijau dapat membantu melindungi jaringan paru-paru dari efek berbahaya dari menghirup asap. Tak hanya itu, penelitian lain dalam International Journal of Chronic Obstructive Pulmonary Disease juga menunjukkan manfaat antioksidan lainnya. Antioksidan dipercaya dapat membantu melawan produksi lendir, cairan, dan dahak dalam tubuh. Karena pada perokok, lendir ini cenderung menumpuk di paru-paru dan saluran pernapasan.

Buah dan sayuran mentah umumnya merupakan sumber antioksidan yang baik karena belum mengalami pengolahan apapun. Sayuran seperti brokoli, bok choy, dan kubis kaya akan antioksidan. Sayuran ini dipercaya dapat menurunkan risiko kanker paru-paru, baik pada perokok maupun mantan perokok. Berbagai Jenis Pengganti Rokok yang Dapat Membantu Anda Berhenti Merokok

Selain itu, madu, stroberi, ceri, jahe, kunyit, kenari, kacang polong, serta sayuran dan buah-buahan lainnya juga dapat dimasukkan dalam menu harian Anda karena mengandung berbagai nutrisi. Makan makanan kaya antioksidan dengan rajin bisa menjadi cara alami yang berharga untuk mencoba membersihkan paru-paru perokok.

4. Latihan pernapasan dalam

Asap tembakau dapat memperlambat pergerakan rambut kecil atau bulu mata yang melapisi paru-paru untuk membuang limbah yang terperangkap di saluran udara. Sering-seringlah menghirup udara segar dan berhenti merokok agar bulu mata Anda berfungsi kembali secara efisien.

Saat Anda menghirup udara segar, cobalah bernapas dalam dan perlahan. Ketika Anda melakukan latihan pernapasan dalam secara teratur, jumlah oksigen yang masuk ke paru-paru Anda akan terus meningkat. Pernapasan dalam dapat membantu membawa lebih banyak oksigen ke paru-paru dan mempercepat penyembuhan setelah operasi jantung.

Selain itu, mengambil napas panjang, lambat, dan dalam juga membantu darah yang kaya oksigen didistribusikan secara merata ke seluruh tubuh. Saat melakukan latihan pernapasan dalam, pastikan Anda berada di area dengan sirkulasi udara yang baik dan sehat. Yang terbaik adalah tidak bernapas dalam-dalam di tepi jalan, terminal, atau sumber polusi lainnya.

5. Terapi uap

Ini adalah cara untuk membersihkan paru-paru perokok yang mungkin tidak Anda pikirkan. Terapi uap adalah kegiatan yang dilakukan dengan menghirup uap air untuk membuka saluran udara. Terapi ini juga dilakukan untuk membantu paru-paru mengeluarkan lendir.

Perokok dengan masalah paru-paru sering mengalami berbagai gejala yang tidak menyenangkan ketika berada di daerah yang udaranya dingin atau kering. Alasannya adalah udara dingin atau kering dapat mengeringkan selaput lendir saluran udara dan membatasi aliran darah.

Nah, terapi uap bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan panas dan kelembapan saluran udara. Ini karena terapi uap dapat membantu melonggarkan lendir di saluran udara dan paru-paru, sehingga lebih mudah bernapas. Terapi ini bisa menjadi solusi sementara yang efektif untuk membersihkan paru-paru, bahkan pada penderita penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). Namun, Anda harus selalu berkonsultasi dengan dokter untuk menanyakan metode apa yang terbukti efektif dalam membersihkan paru-paru perokok.

6. Gunakan pembersih udara di rumah

Salah satu cara membersihkan paru-paru bagi perokok atau bukan perokok adalah dengan memasang alat pembersih udara di dalam rumah. Klinik Cleveland menyebutkan bahwa pembersih udara dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda, terutama paru-paru Anda. Pembersih udara bekerja dengan menyaring partikel halus, membantu memurnikan udara yang Anda hirup dan mengurangi efek negatif polusi (termasuk asap rokok).

American Lung Association juga menyatakan bahwa salah satu kunci kesehatan paru-paru adalah kualitas udara di lingkungan Anda. Oleh karena itu, Anda harus menggunakan metode ini apakah Anda ingin membersihkan paru-paru saat masih merokok atau tidak. Seberapa efektif membersihkan paru-paru dari asap rokok dengan soda?

Selain yang disebutkan di atas, ada hipotesis bahwa minum soda dapat membantu membersihkan paru-paru perokok. Namun, apakah asumsi ini terbukti benar? Faktanya, tidak ada penelitian yang menunjukkan bahwa minum soda dapat membantu membersihkan paru-paru Anda. Minum minuman berkarbonasi atau minuman berkarbonasi justru menurunkan fungsi paru-paru. Hal ini dijelaskan dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients. Harga Alat HFNC

Studi menunjukkan bahwa minuman berkarbonasi dapat memiliki efek negatif pada tubuh, terutama fungsi paru-paru dan asma. Oleh karena itu, perlu benar-benar mengurangi minuman berkarbonasi untuk menjaga kesehatan paru-paru. Perokok dan bukan perokok dapat membersihkan paru-parunya dengan mengikuti langkah-langkah di atas. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter untuk saran terbaik. Dokter mungkin juga menyarankan obat berhenti merokok, terapi berhenti merokok, cara alami untuk menghilangkan kebiasaan buruk ini.