Bisnis

5 Cara Memilih Nama Bisnis Yang Tepat

5 Cara Memilih Nama Bisnis Yang Tepat

Vigiliadelainmaculada – Nama bisnis adalah salah satu hal terpenting saat mendirikan bisnis. Meski terdengar sepele, membuat nama bisnis baru tidaklah mudah. Dalam dunia bisnis, baik online maupun offline, nama bisnis seolah memiliki kekuatan magis untuk mendongkrak brand Anda di mata publik.

Nama dagang yang Anda pilih nantinya akan menjadi nama dagang yang sah secara hukum yang akan mengidentifikasi produk atau layanan yang ditawarkan kepada konsumen. Saat memilih nama untuk bisnis Anda, Anda juga harus memikirkan nama untuk merek produk dan domain Anda jika Anda berencana membuat situs.

Untuk itu, tidak bisa sembarangan. Dibutuhkan analisis yang mendalam agar nama perusahaan akhirnya bisa menjadi paten. Keakuratan nama bisnis dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap keberhasilan bisnis. Jika namanya salah, bisnis Anda mungkin tidak dapat terhubung dengan konsumen.

Bagi Anda yang sedang berencana untuk memulai bisnis, yuk simak cara membuat nama untuk bisnis Anda di bawah ini.

Cara memilih nama bisnis yang tepat

Padahal, ada cara sederhana agar Anda tidak perlu terlalu memikirkan memilih nama yang bagus untuk bisnis Anda. Jika Anda memiliki modal lebih, Anda dapat menggunakan jasa agen untuk memilih nama yang baru, modern dan mudah diingat.

Namun, tidak ada salahnya membuat nama bisnis sendiri. Ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti saat memilih nama untuk bisnis yang akan Anda mulai.

1. Hindari nama yang sulit

Buat nama yang jelas yang mudah diingat dan dapat membantu Anda memamerkan produk perusahaan Anda nanti. Untuk memudahkan konsumen mengingat dan mengucapkan, sebaiknya hindari nama bisnis yang sulit diucapkan. Gunakan nama yang sederhana dan mudah.

Dengan cara ini, akan mudah bagi pelanggan atau calon pelanggan Anda untuk menemukan bisnis Anda secara online. Pada saat yang sama, untuk menghindari atau meminimalkan kesalahan pengucapan pelanggan. Anda tentu tidak ingin sering-sering memperbaiki bug, bukan?

2. Gunakan akronim

Banyak perusahaan besar memilih nama bisnis dari akronim daripada nama sebenarnya pemilik. Karena? Karena mudah diingat. Seperti peritel furnitur Swedia, IKEA, yang namanya berasal dari akronim pendirinya, Ingvar Kamprad. Dua surat lainnya diambil dari tempat kelahiran Ingvar, Elmtaryd, dan desanya, Agunnaryd.

3. Nama yang mengandung makna

Idealnya, nama bisnis yang benar adalah yang memiliki makna positif dan menggambarkan bisnis tempat Anda bekerja. Misalnya, Kebab Baba Rafi yang tentu saja menjual makanan Timur Tengah. Carilah nama yang memiliki arti positif. Karena memilih nama yang memiliki makna positif adalah doa agar bisnis Anda sukses.

Hindari kata-kata yang berkonotasi negatif. Biasanya, kata-kata yang berkonotasi negatif cepat hilang atau mudah dilupakan. Pernah dengar Es Pocong? Itu es krimnya masih ada? Lagi pula, jika Anda memasang nama yang mengandung makna negatif, itu juga akan berdampak pada citra perusahaan.

4. Kata gabungan

Saat memilih nama untuk bisnis Anda, Anda tidak perlu formal. Dalam beberapa tahun terakhir, pertumbuhan startup sangat tinggi. Dan sebagian besar bisnis baru ini memilih nama bisnis satu kata yang sederhana.

Cobalah untuk memilih dua atau tiga kata yang mencerminkan bisnis Anda atau diri Anda sendiri. Gabungkan kata-kata ini menjadi satu kata.

Misalnya, Netflix yang namanya merupakan gabungan dari kata internet dan film. Atau Evernote, yang terdiri dari kata-kata selamanya dan catatan. Yang terpenting adalah kata tersebut menggambarkan bisnis atau perusahaan yang Anda buat.

5. Gunakan nama Anda sendiri atau keluarga Anda

Ide lain yang dapat Anda gunakan untuk melabeli bisnis adalah dengan menggunakan nama belakang. Dengan memberikan bisnis Anda nama yang familiar, Anda menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang sangat percaya diri.

Juga, menggunakan nama belakang bisa menjadi motivasi untuk bekerja lebih baik lagi. Karena menyangkut nama baik keluarga.

Lainnya:

Merdeka Finansial

Pengertian dan Jenis Investasi Reksadana

Pengertian dan Jenis Investasi Reksadana

Vigiliadelainmaculada – Apa itu reksa dana? Mungkin banyak dari Anda yang pernah mendengar istilah reksa dana dan mulai melihatnya sebagai pilihan investasi, namun belum memahaminya secara lebih mendalam. Reksa dana sering dipilih sebagai sarana investasi oleh investor pemula, yang biasanya berusia dewasa muda, karena risikonya yang rendah. Masih ragu memilih reksa dana sebagai sarana investasi? Eits, jangan ragu karena pada artikel kali ini kita akan membahas panduan lengkap bagi yang ingin mengenal lebih jauh tentang reksa dana, dari apa itu reksa dana, jenis reksa dana mulai dari investasi, hingga contoh reksa dana.

Pengertian Reksa Dana

Penting bagi Anda untuk memahami arti reksa dana. Reksa dana merupakan salah satu wadah yang digunakan masyarakat untuk menghimpun dana guna berinvestasi. Dana yang terkumpul akan berasal dari masyarakat, yang selanjutnya disebut investor, dan manajer investasi akan menginvestasikan dananya dalam portofolio efek.

Jadi, ketika Anda mempelajari reksa dana, Anda perlu mengingat 3 unsur yang dikandungnya, yaitu komunitas investasi, dana yang digunakan, dan manajer investasi yang mengelola dana dalam dana yang diinvestasikan. Dalam hal ini, manajer investasi hanya bertugas mengelola dana yang terkumpul di reksa dana.

Jenis-Jenis Reksadana

1. Reksadana Pendapatan Tetap

Reksa dana pendapatan tetap dikenal menawarkan imbal hasil yang cukup besar dibandingkan dengan jenis reksa dana lainnya, meskipun risiko yang diberikan juga rendah.

Reksa dana pendapatan tetap merupakan platform dimana investor akan menginvestasikan dananya di sektor utang jangka panjang, seperti obligasi pemerintah dan swasta, yang pergerakannya lebih stabil. Obligasi adalah surat utang yang diterbitkan oleh pemerintah atau swasta dan diberikan kepada investor sebagai bukti kepemilikan utang tersebut.

Jika Anda memilih reksa dana pendapatan tetap sebagai sarana investasi Anda, berikut simulasi pembelian obligasi: Jika Anda membeli obligasi yang diterbitkan pemerintah, pemerintah berutang kepada Anda dan pemerintah akan memberi Anda jaminan utang dalam bentuk kupon, di mana kupon tersebut berisi informasi berupa tanggal jatuh tempo dan jumlah bunga yang dijanjikan.

2. Reksadana Pasar Uang

Jika Anda baru berinvestasi dan berpikir untuk memilih reksa dana sebagai sarana investasi Anda, ada baiknya memilih reksa dana pasar uang. Seperti reksa dana pendapatan tetap, reksa dana pasar uang merupakan wadah bagi investor untuk menghimpun dana di sektor utang yang jatuh temponya kurang dari satu tahun.

Seperti sertifikat bank Indonesia dan sertifikat deposito, yang akan dijelaskan di bawah ini:

a. Reksadana Pasar Uang Berupa Sertifikat Bank Indonesia

Pinjaman obligasi ini merupakan obligasi yang diterbitkan oleh Negara dengan kode SBI. SBI biasanya berjalan selama 1-12 bulan, tergantung pada kebijakan masing-masing acara. Dengan memilih SBI, investor akan mendapatkan imbalan sesuai tingkat suku bunga yang ditentukan berdasarkan lelang Bank Indonesia.

b. Reksadana Pasar Uang Berupa Sertifikat Deposito

Sertifikat adalah surat berharga yang diterbitkan oleh Bank kepada nasabah yang berinvestasi pada instrumen deposito, di mana sertifikat tersebut akan memuat tanggal kadaluwarsa dan tingkat bunga yang diharapkan.

Pengertian Reksadana Saham

Apa itu reksa dana? Reksa dana saham adalah sarana investasi yang cocok untuk investor yang lebih agresif. Reksa dana ekuitas adalah opsi investasi dengan risiko tinggi dan pengembalian tinggi. Dana yang terkumpul dalam reksa dana ekuitas akan dibagi untuk pengumpulan di sektor uang dan saham.

Pengertian Reksadana Campuran

Setelah mengetahui masing-masing jenis reksa dana, apakah Anda tertarik untuk mempertimbangkan salah satunya sebagai pilihan sarana investasi, atau bahkan tertarik untuk mencoba semua jenisnya?

Jika jawabannya terletak pada opsi kedua, maka Anda perlu tahu tentang reksa dana campuran. Reksa dana campuran merupakan wadah bagi investor untuk menghimpun dana di berbagai sektor reksa dana, yaitu obligasi, pasar uang, dan saham. Reksa dana campuran cukup berisiko, dengan pengembalian yang lebih tinggi daripada reksa dana pendapatan tetap dan reksa dana pasar uang.

Referensi:

aplikasi investasi reksadana

Peluang Usaha Yang Paling Cocok Untuk Janda

Peluang Usaha Yang Paling Cocok Untuk Janda

Vigiliadelainmaculada – Menjadi seorang ibu tunggal tentunya tidak mudah. Selain membesarkan anak seorang diri, ibu tunggal harus bisa berperan sebagai ayah, yakni sebagai mata pencahariannya.

Seorang ibu tunggal tidak perlu bekerja dalam bisnis untuk mencari nafkah. Namun, menjalankan bisnis rumahan tentu bisa menjadi solusi yang tepat. Dengan cara ini, ibu juga bisa menjaga bayinya di rumah.

Berikut adalah beberapa perusahaan yang cocok untuk ibu tunggal.

1. Jual makanan bayi dan anak-anak

Biskuit atau roti merupakan dua jenis makanan yang disukai oleh bayi dan anak-anak. Jika Anda bisa menebus keduanya, apa salahnya memulai perusahaan nutrisi bayi dan balita di rumah. Keterampilan memasak Anda akan membuat bisnis Anda berjalan lancar.

Tugas selanjutnya adalah menentukan variasi kue kering dan roti yang akan dipanggang. Berdasarkan variasi rasa dan bentuknya, dan sebenarnya cara membuat bayi dan anak makan.

Selain bisa dijual, Anda juga bisa membuat perbekalan untuk anak sendiri. Anda tidak perlu lagi membeli kue atau biskuit di luar, karena yang buatan sendiri tidak kalah enaknya.

2. Tempat penitipan anak

Jika Anda menyukai anak-anak, perusahaan penitipan anak ini jelas merupakan pilihan yang baik. Alangkah baiknya bisa menjaga anak sendiri sambil juga menjaga anak orang lain. Tugasnya sama, satu-satunya tantangan adalah sifat setiap anak yang berbeda.

Namun menjalankan bisnis ini sama sekali tidak sulit. Modal juga sangat minim karena yang Anda butuhkan hanyalah energi dan kesabaran.

Jika bisnis ini berjalan lancar maka profit yang Anda peroleh setiap bulannya cukup besar. Akan tetapi, Anda harus menjaga anak Anda dengan baik agar orang tua mereka siap untuk meninggalkan anaknya.

3. Membuka tempat les

Masih berhubungan dengan anak-anak, tetapi dengan perusahaan yang berbeda, yaitu bimbingan belajar. Perusahaan ini diperuntukkan bagi Anda yang senang belajar, sabar dan pelajar yang berprestasi di sekolah.

Untuk menjadi guru yang baik, Anda perlu menguasai mata pelajaran tertentu agar Anda dapat menularkan ilmunya kepada anak-anak Anda dengan tepat.

Sasaran siswa tidak harus tinggal jauh dari rumah. Anak atau teman tetangga Anda akan melakukannya juga. Jangan lupa untuk menggunakan informasi dari mulut ke mulut karena teknik ini jauh lebih efektif dan efisien.

4. Bisnis online

Ingin menjalankan bisnis yang mudah, modal rendah tapi profit tinggi? Anda bisa mencoba membuka bisnis online. Ada banyak produk yang bisa Anda jual secara online, seperti pakaian, alat tulis, peralatan rumah tangga, kosmetik, dan makanan beku.

Berbisnis online sangat fleksibel karena bisa dilakukan dimana saja, kapan saja. Hanya saja ponsel seringkali harus standby untuk melihat pesanan yang masuk.

Mengingat persaingan yang sangat tinggi dari bisnis online, ada baiknya produk yang Anda jual harus unik, dibutuhkan, dan terjangkau. Gunakan dukungan media sosial untuk promosi agar orang tahu produk apa yang Anda jual.

5. Bisnis party planner

Pernahkah Anda mendengar tentang penyelenggara pesta kencan, bukan? Seperti namanya, di sini Anda bekerja sebagai penentu konseptual sebuah pesta atau acara. Mulai dari dekorasi, tata letak, dan hal lain yang perlu ditampilkan untuk penghias ruangan.

Perusahaan ini sangat cocok untuk anda yang memiliki seni dan kreativitas yang tinggi. Karena cukup sulit menyulap ruangan agar enak dipandang. Belum lagi apakah acara tersebut memiliki tema tertentu.

Sebaiknya gunakan media sosial atau blog untuk mencari ide dekorasi yang menarik. Kemudian sesuaikan dengan acara yang ingin Anda selenggarakan.

6. Membuka warung

Bagi yang ingin mengembangkan hobi kulinernya, membuka warung sarapan tentunya merupakan pilihan yang baik. Di sini Anda bisa menyiapkan berbagai macam hidangan untuk sarapan pagi. Mulai bubur, lontong, pasta, uduk kami, hingga lauk pauk.

Ibukotanya juga tidak terlalu besar. Rp 1,5 juta sudah cukup untuk memulai bisnis ini. Uang ini termasuk pembelian tiang kaca dan bahan makanan untuk dijual nanti.

Tetapi Anda harus benar-benar pandai mengatur waktu Anda karena Anda juga harus menjaga anak-anak Anda. Disarankan untuk berbelanja sehari sebelumnya yaitu sore hari agar bisa langsung masak keesokan harinya.

Referensi:

Maxmanroe

Ide Bisnis Online Yang Cocok Saat Pandemi

Ide Bisnis Online Yang Cocok Saat Pandemi

Vigiliadelainmaculada – Cari kerja di masa pandemi Covid-19 tidak gampang. Banyak industri kurangi karyawan, apalagi gulung tikar alias bangkrut. Bila kalian memiliki kemampuan spesial, ataupun suatu yang dapat diganti dengan duit, mengapa wajib melamar kerja. Coba mulai bisnis online buat menciptakan fulus.

1. Jualan pernak-pernik sepeda

Pamor sepeda memanglah mulai redup. Tidak seterang 2 ataupun 3 tahun kemudian. Harga sepeda pula turun, dari yang lebih dahulu pernah naik gila-gilaan sebab fenomena gowes. Namun jangan salah, peminat ataupun penggemar berolahraga sepeda masih banyak. Jadi, jika buat bisnis, rasanya tidak sempat padam.

Jualan printilan sepeda saja, semacam pernak- pernik sepeda. Mulai dari helm, lampu, kunci pengaman, tas, smartphone holder ataupun tempat menaruh ponsel, botol minum, hingga rack pannier buat mengangkat benda bawaan.

Pasarkan benda dagangan kalian dengan membuka toko online di beberapa e- commerce terpercaya. Melalui media sosial, semacam Instagram, Facebook, Twitter, serta Tiktok pula dapat. Follow akun komunitas pencinta sepeda di media sosial ataupun milis, serta tawarkan secara online. Tetapi ingat ya, jangan hingga nyampah. Bisa- bisa kalian di blacklist ataupun di block dari akun tersebut.

Modal buat bisnis pernak- pernik sepeda diawali dari Rp 10 juta. Beli peralatan sepeda ini dari distributor ataupun toko pernak- pernik sepeda dengan sistem beli putus ataupun kerja sama titip jual buat memencet bujet.

2. Kursus online

Selagi virus Covid- 19 serta sahabatnya masih berkeliaran, aktivitas belajar mengajar ataupun pelatihan senantiasa hendak diselenggarakan secara daring. Tidak heran, platform belajar online berkembang produktif. Jika kalian memahami keahlian ataupun kemampuan tertentu, bidang spesial, ataupun berpengalaman selaku guru, tidak terdapat salahnya menjajal bisnis kursus online.

Misalnya, kalian fasih Bahasa Inggris. Buka kursus online spesial Bahasa Inggris buat anak TK, SD, SMP, SMA. Dengan frekuensi belajar, 2 kali seminggu. Jalani promosi lewat media sosial kalian, ataupun melalui marketplace. Bisnis kursus online dapat kalian lakoni tanpa merogoh kocek.

Lumayan berbekal smartphone, kursus online via zoom ataupun Google Meeting, serta kuota internet. Tidak hanya terus menjadi mengasah ilmu yang kalian miliki, bisnis kursus online pula menjanjikan serta nyatanya berikan khasiat untuk banyak orang.

3. Jasa penyusunan konten

Jika amati di LinkedIn, lowongan kerja selaku content writer serta copywriter berseliweran. Dikala ini, banyak industri memerlukan jasa profesi tersebut buat mengisi blognya di web. Tujuannya buat menolong menaikkan traffic mereka. Pastinya diiringi dengan pemakaian Search Engine Optimization (SEO) yang benar supaya tulisan ataupun konten yang terbuat terletak di urutan paling atas mesin pencarian Google.

Nah, jika kalian memiliki kemampuan menulis serta ilmu SEO atau jasa backlink terbaik, jajal peruntungan di bisnis tersebut. Buka bisnis online jasa penyusunan konten. Kalian yang jadi freelancer- nya. Kalian dapat memperoleh banyak proyek tulisan dari sebagian industri, apakah itu buat keperluan konten di web, membuat press release buat disebar ke media, ataupun proyek novel.

Keuntungannya tidak main- main. Misalnya dari satu tulisan ataupun postingan yang terbuat dihargai Rp 80 ribu. Bila dalam sebulan sasaran 40 postingan, hingga duit yang kalian hasilkan sebesar Rp 3, 2 juta. Itu baru dari satu industri. Industri lain, sasaran 30 postingan sebulan dengan tarif Rp 50 ribu per postingan, berarti terdapat bonus pemasukan Rp 1, 5 juta.

10 Ide Inovasi Bisnis di Masa Pandemi

10 Ide Inovasi Bisnis di Masa Pandemi

Vigiliadelainmaculada – Saat ini banyak perusahaan yang merugi selama masa pandemi. Namun, ada juga peluang bisnis yang menguntungkan di saat krisis seperti sekarang ini. Tertarik membuka usaha di masa pandemi? Anda bisa mencoba salah satu dari 10 ide inovasi bisnis di bawah ini:

 

Perusahaan dengan kebutuhan dasar

Peluang bisnis kebutuhan primer ini sangat menjanjikan karena dinilai mampu bertahan dari krisis. Pasalnya, masyarakat membutuhkan persediaan makanan pokok sehari-hari, seperti makanan dan minuman, apapun kondisinya. Selain itu, modalnya juga relatif kecil dan hanya membutuhkan sedikit tenaga kerja.

 

Margin keuntungan juga memiliki potensi besar dengan perputaran arus kas yang cepat. Selama masa pandemi, Anda bisa melakukan bisnis dasar secara online menggunakan online marketplace atau online delivery system. cari tahu juga no reff adalah

 

jasa pengiriman

Di masa pandemi, sektor jasa pengiriman mampu bertahan berkat meningkatnya permintaan jasa pengiriman. Layanan ini memungkinkan pelanggan

 

memenuhi kebutuhan pokok tanpa harus keluar rumah. Bisnis ini menggunakan teknologi online atau digital untuk memudahkan pelanggan mendapatkan apa yang mereka inginkan, terutama termasuk saran tetap di rumah atau stay at home. Peluang bisnis ini juga bisa Anda manfaatkan untuk terus membangun bisnis di masa pandemi.

 

Bisnis laundry dari baju sampai sepatu

Peluang bisnis ini juga mendapat perhatian di masa pandemi. Banyak orang takut virus berbahaya akan menempel di pakaian mereka setelah berada di luar ruangan. Namun, jika layanan binatu Anda menawarkan layanan tambahan untuk memastikan pakaian dan sepatu pelanggan bebas virus, disterilkan, dan bersih.

 

Penjualan produk kesehatan

Sektor kesehatan merupakan peluang bisnis yang menjanjikan di masa pandemi. Tentu saja, karena barang atau peralatan medis merupakan salah satu kebutuhan utama masyarakat dalam krisis kesehatan penuh. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, banyak orang yang rela membeli berbagai produk kesehatan, seperti masker medis, masker non medis, hand sanitizer, obat-obatan, atau disinfektan. Anda juga bisa mencoba bisnis ini dengan menjual hand sanitizer atau masker wajah dengan harga terjangkau. Selama virus masih mewabah, produk kesehatan ini akan selalu dihantui masyarakat.

 

pengecer pakaian online

Apakah Anda ingin mendapatkan penghasilan tambahan? Cobalah menjadi pengecer online. Selama masa pandemi, persentase aktivitas belanja online meningkat rata-rata 30%. Retailer fashion atau apparel mungkin menjadi pilihan yang tepat. Bahkan untuk bisnis resale pun tidak membutuhkan modal yang banyak, jadi tidak ada salahnya untuk mencoba kan?

 

perdagangan makanan beku

Frozen food merupakan salah satu jenis makanan yang paling digemari di masa pandemi. Karena dibekukan, makanan akan bertahan lebih lama. Selain itu, makanan beku juga bisa menjadi alternatif bagi orang yang ingin menyantap makanan cepat saji tanpa harus repot memasak dari awal. Pilihan makanan bekunya juga sangat variatif dan bisa dikirim ke berbagai daerah tanpa takut merusak kualitas makanannya.

 

guru online

Jika Anda memiliki keterampilan mengajar, saatnya menggunakannya untuk membuka peluang bisnis di masa pandemi. Jika Anda bisa membuat les online menjadi menarik, pasti akan banyak orang yang tertarik untuk mengikuti les tersebut. Anda juga dapat menggunakan pelajaran online untuk meningkatkan penghasilan Anda. Anda dapat menetapkan harga les online berdasarkan les yang ditawarkan dan pengalaman yang Anda miliki.

 

Pelatih

Menjaga kesehatan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan daya tahan tubuh, terutama di masa pandemi. Caranya adalah rajin berolahraga, meski dilakukan di rumah. Jika Anda mampu melakukan fitnes atau latihan fitnes, jadikan bakat ini sebagai peluang bisnis. Anda dapat membuka kelas kebugaran atau kebugaran secara online. jangan lupa promosikan bisnis ini agar dikenal banyak orang.

 

Bisnis digital

Peluang bisnis ini diyakini laris manis di masa pandemi. Seperti namanya, bisnis digital adalah bentuk bisnis yang menggunakan sarana teknologi. Media tersebut nantinya akan menjadi sumber penghasilan tambahan Anda. Jika Anda memiliki banyak pengikut media sosial, pembayarannya akan jauh lebih tinggi.

 

lemparan bebas

Keterampilan yang Anda miliki dapat menjadi peluang bisnis untuk mengumpulkan uang selama wabah Covid-19. Jika Anda memiliki kemampuan membuat website, desain, layanan digital marketing, dan keahlian lainnya, Anda bisa mencoba menjadi freelancer di bidang tersebut. Ada banyak situs yang menyambut para freelancer untuk mengerjakan berbagai proyek. Anda hanya perlu mencari tahu proyek mana yang dapat Anda kerjakan dan melamar proyek tersebut.