Daftar Oleh-oleh Khas Gorontalo Yang Wajib Dibawa Pulang

Daftar Oleh-oleh Khas Gorontalo Yang Wajib Dibawa Pulang

Vigiliadelainmaculada –¬†Gorontalo merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki keragaman budaya yang tercermin dari banyaknya suku dan suku yang ada. Karena banyaknya suku dan suku yang ada, maka keanekaragamannya tidak ada habisnya, mulai dari makanan khas hingga kerajinan asli Gorontalo.

1. Duduli

Oleh-oleh khas Gorontalo ini adalah makanan tradisional yang terbuat dari ketan, gula merah dan santan yaitu duduli.

Sama seperti yang sering kita jumpai dodol, oleh-oleh khas Gorontalo ini merupakan jamuan “selamat datang” dan “perpisahan” bagi warga Gorontalo, yang melambangkan persahabatan.

2. Ilabulo

Selain duduli yang melambangkan persahabatan, ada lagi oleh-oleh khas Gorontalo yaitu ilabulo yang melambangkan perdamaian dan persatuan.

Ilabulo terbuat dari tepung sagu yang berisi campuran telur ayam, ampela ayam, daging ayam yang kemudian dibumbui dengan bumbu dan dibungkus dengan daun pisang. Makanan ini sangat mudah didapatkan karena hampir disetiap jalan terdapat banyak pedagang kaki lima.

3. Pia Gorontalo

Tidak hanya di Pulau Jawa, Gorontalo juga memiliki nanas yang khas. Pia Gorontalo memiliki varian rasa yang beragam, mulai dari kacang hijau, keju dan coklat hingga rasa durian.

Pia Gorontalo sering menjadi pilihan wisatawan sebagai oleh-oleh khas Gorontalo karena rasanya yang enak dan mudah dibawa.

4. Songkok Gorontalo

Songkok Gorontalo atau upiya karanji dalam bahasa Gorontalo adalah tutup kepala yang terbuat dari bahan baku berupa kulit batang daun mint. Rotan jenis ini hanya tumbuh di hutan Gorontalo, yang menjadikan songkok Gorontalo ini unik dan menjadi pilihan favorit oleh-oleh khas Gorontalo.

Topi ini dipopulerkan oleh Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. Apalagi, Presiden Joko Widodo juga mengenakannya saat berkunjung ke Gorontalo.

5. Kue Karawo

Kue Karawo adalah kue yang dihias dengan pola kain khas Gorontalo Karawo dengan pola bunga. Souvenir manis dari Gorontalo ini terbuat dari gula rafinasi, telur, susu, mentega, tepung maizena, vanili dan tepung terigu.

6. Kain Karawo

Kalau dulu kue, sekarang kain jadi inspirasi kue. Kain karawo atau kain karawang merupakan kerajinan tradisional yang berasal dari gorontalo. Pola karawo melambangkan tiga hal, yaitu mata rantai (kaita), pembongkaran (wo’ala) dan rantai (rantheya). Meski harganya cukup mahal seperti kain tradisional Indonesia lainnya, hal itu bisa dimaklumi karena proses pembuatannya yang sulit.

7. Kopi Pinogu

Kopi Pinogu adalah jenis kopi Robusta yang berasal dari Pinogu, Gorontalo. Kopi ini menjadi produk suvenir premium Provinsi Gorontalo yang dikembangkan dan dipromosikan.

Sumber:

Eviwisata.com